Istanbul yang ramai

Image
Kita tuh nyampe di Istanbul jam 4 pagi? pagi banget jadi sempet tidur di kursi, digusur karena mau dibersihin, pindah kursi digusur lagi, sampe bosen digusur terus 😔 akhirnya sholat subuh lalu makan sup. Setelah matahari mulai bersinar baru deh kita cabut dari stasiun ke airbnb cuma buat naro barang doang. Kita dapet taksi yang...cham.......hadeh. Jadi dari stasiun ke airbnb itu ya mayan jauh, terus kata bapak-bapak di deket taksi situ bilangnya coba cek dulu mapnya. Kita udah liatin map, terus dia bilang 'oke kalo ke daerah sini memperhitungkan macet dan lain-lain kemungkinan bisa maksimal kena sampe 800 lira, gapapa gak?' 'ya gak masalah' terus yaudah kita dapet taksi deh (bapak-bapak lain) Argonya nyala....kita nyampe tuh masih....400 lira kurang, tapiii begitu mendekati sampe tuh bapak taksinya langsung cepet-cepet nyalain mesin EDCnya cepet-cepet nulis 800, gak....nyesuain...sama argonya. Males berdebat ama bapak-bapak gak jelas, jadi yaudahlah...cukup tau aja. J

Kayaknya enak kalo lama-lama di Izmir

Dari Bursa, kita nyampe sore di Izmir. Ke airbnbnya naik taksi dan bapak taksinya sangat ramah. Bapaknya berusaha banget untuk ajak ngobrol. Walau kita jawabnya ya campur bahasa arab aja, alhamdulillah ya ada kesamaan agama jadi paham juga bapaknya. Dia ngajarin beberapa kosa kata bahasa Turki yang bisa kita pake kayak kanan sa, kiri so, lurus dus. Ini yang paling diinget karena berguna banget pas nanti-nanti!

Alhamdulillah airbnb yang dipilih enak karena luasss. Terus kita ke luar mencari makan karena udah kelaperan. Makan di Ekin doner deket airbnb, ownernya ramah banget walau ada batasan bahasa tapi dia ngejelasin menunya, terus baik menuruti kebutuhan pembeli (pujian yang tulus). Alhamdulillah rasanya juga enak...:''''

Terus  kita kasih sambel dan bon nori buat dia cobain, karena bapaknya notice kita mengeluarkan perbumbuan itu haha. Pas dia coba kayaknya suka banget tu si bapak. 


Setelah kenyang, kita tuh pengen ke lift yang bisa liat view Izmir. Tapi perjalanan kesana ternyata cukup best yah......banyak banget tangga yang mesti kulalui. Ini perbukitan semua 


Agak susah nemu lokasinya karena gw emang cuma ngikut aja di belakang gak liat map. wkwk. Karena lift kan pasti ada bagian atas dan bawah..nah itu sih yang tricky pas nyari tempatnya untuk nyari yang terdekat dari kita tuh (kayaknya) (beneran cuma fokus naik turun tangga aja w ngikut)

Tapi viewnya....memang....bagus top cantik sunset good



Pas maghrib, kita cari masjid terdekat aja buat sholat. Terus ada kayak mushola gitu lah ya, masjidnya kecil. Kayaknya emang jarang banget ada jamaah cewek di masjid ini jadi kita diarahin sholat di satu ruangan yang...udah lebih mirip tempat penyimpanan. Mulai dari setrikaan sampe sepeda ada di sini. 


Karena di daerah ini ya semuanya tangga mulu....tangga...tangga dimana-mana, sering juga liat orang duduk di tangga sendirian, kirain lagi mellow ternyata lagi main game di hp.


Hari kedua ke Ephesus

Hari kedua di Izmir kita berencana ke Ephesus, jadi ini adalah kota kuno yang sekarang tinggal reruntuhan aja. Jaman dulu tempat ini ya salah satu pusat perdagangan lah. Kesananya naik kereta sekitar 1 jam dan murah banget juga harganya kalo gak salah cuma 30ribu gitu?


Sambil nunggu kereta datang kita beli dulu jus mix. Beneran selama di Turki tuh craving buah-buahan dan sayur-sayuran banget karena sejarang itu. Sayur paling tomat ama timun terus.


Dari Izmir menuju Ephesus itu kita naik kereta ke Selcuk, lalu dari situ bisa naik taksi 10 menitan lah deket banget ke Ephesusnya. 


Pas mau masuk, kita tercengang dengan entrance feenya yang outrageous. WOW...40 euro????

Selama hidup gak pernah masuk area turis tempat bersejarah yang harganya 40 euro???? bahkan di Eropa sendiri??? ini mohon maap...40 euro???

Kalo gw itu sendirian mungkin gw bakal 'IDIH OGAH' terus ke Selcuk aja enjoy di sana atau naik kereta ke area sekitar aja hahaha. Tapi karena temen-temen yang lain pada yaudahlah dah sampe sini, gapapa jadinya. Kita terima saja sambil tutup mata bayarnya. 

Pas di ticketing, tour guide yang ada di sekitar situ pada bilang, 'menurut kamu mahal gak tiketnya?' 'gak usah ditanya pak mahal banget mon maap'
'iya ini bukan kita yang mau, ini aturan pemerintah, coba nanti mba tulis email deh ke pemerintah Turki tolong, bilangin ini harganya kemahalan'

Terus ada juga tour guide yang bilang,
'ini rezim sekarang nih yang bikin mahal, kita juga gak mau mahal-mahal orang kan jadi gak mau masuk sini, bentar lagi kan pemilu, semoga aja deh ada perubahan'
'partai apa nih pak yang sekarang biar saya catet jangan dipilih lagi hahah' ((siapa gw lol))

Kocak sih ternyata setelah kita mencari tahu Izmir (dan sekitarnya( itu emang secara politik berbeda dengan the rest of Turkiye. Jadi gw baca juga, sampe katanya ya pembangunan di Izmir itu dianaktirikanlah (gatau bener apa gak) karena ya beda pandangan politik. Partai utamanya tuh gak pernah menang di Izmir. 

Regardless, tetep aja 40 euro untuk entrance fee apapun itu adalah sangat sangat sangat mahal. Gw jadi ngerasa harus maksimalin banget nehhh kalo dah bayar segitu. 



Alhamdulillah cuacanya ceraaah banget seharian, cenderung terik yah..Jadi hati pun riang. 




Di ujung kita masuk ke experience museumnya, ini semacam video mapping gitulah...kayaknya ini nih yang bikin mahal lol. 

Bagus experience museumnya lumayan banget bisa membuat kita immersed ke sejarah kota ini. 

Selesai dari sana kita ngasih makan ke kucing. Tadinya cuma ada 2 kucing gitu? begitu keluar makanan langsung diserbu 20 kucing kalii aaaaa bener-bener merinding liat bola bulu lompat lompat banyak. 


Pas kita nyari jadwal kereta pulang, informasi yang di internet tuh banyak yang gak update ternyata. Jadi ini gw foto untuk meninggalkan jejak siapa tau ada yang butuh jadwal kereta dari Selcuk-Izmir.


Balik dari sana kita ke area clocktowernya Izmir dan ke pinggir laut, menikmati matahari tenggelam yang membuat permukaan laut berbinar cantik uu..




Abis itu kita kelaperan nyari makanan dan akhirnya makan di Tavuk Dunyasi kayak franchise perayaman. Dan ini rasanya enak! tidak mengecewakan, ada nugget juga hahaha.


Terus beli dessertnya jugaa


Pulang-pulang ke airbnb kita ngelewatin lagi Ekin doner tempat makan kebab kemarin, terus kayaknya karena Fadilah kemarin sudah mengisi google review dengan rajin, kita dikasih teh gratis hahaha. Lalu ada serah terima sambal lagi ke bapaknya lol. 

Hari terakhir di Izmir

Hari ini jam 9 malam kita bakal cabut dari Izmir, jadi untuk bisa menikmati Izmir di hari terakhir, kita nitip koper di stasiun dehh. Soalnya lokasi stasiunnya juga jauh dari kota utamanya. Berhubung hari ini kita rencana ke Alaçatı naik bus, jadi pas aja. 


Naik bus rutenya ke Cesme, tapi kita turun di deket supermarketnya yang lebih deket jaraknya ke area utamanya Alaçatı. 

Karena ini weekdays jadi gak rame, dan kotanya tuh cantik bangeeet bangunannya. Rasanya mirip-mirip kayak di Andalusia juga..


Jadi pengen ngecat rumah kayak gini juga kan



Pas sholat zuhur di masjid, tampaknya ini masjidnya dulu adalah gereja yang sudah dialihfungsikan. Karena kiblatnya gak mengarah ke area depan, jadi makanya kayaknya dibiarin aja ada ornamen-ornamen ini semua. 



Mau cari makan rasanya picky banget takut makannya zonk haha walau sejauh ini di Izmir makanannya better daripada kota-kota sebelumnya. Tapi akhirnya kita makan di restoran touristy yang mahal wakakakakakakakakakakaka 


Alhamdulillah abis itu makan eskrim ini rasa lemon dan almond enak bangetttt yang lemonnya wuw. 



Pokoknya di Alaçatı ini cocok buat nyantai jalan kaki enjoy. Huftt...cuacanya cerah...rumahnya lucu-lucu...haaaaa perfect day bangett uuuu.

Masalahnya adalah kita gak tau kalo naik bis balik ke Izmir gimana dari sini, karena tadi kan kita turun di tengah jalan ya dengan bus rute ke Cesme. Kayaknya emang harus ke Cesme dulu baru bisa naik bus dari situ (tapi ternyata enggak sodara-sodara..ada loket tiket di depan supermarket tadi sebenernya tapi kita gak ngeh aja samsek HAHAHAHA)


Jadilah...kita ke Cesme dulu naik angkot. Beli tiket bus ke stasiun Cesme, lalu hudadak satset ke area pelabuhan untuk enjoy dulu Cesmenya, lalu balik lagi mengejar bus ke Izmir. Haha



Cesme juga cantik daerahnyaa seperti tertata dan baru. Tourist informationnya juga ramaaaaaaaah bangeeeeeeeeeetttt pak terima kasih banyaaaaak. 

Oke, kita makan di stasiun Izmir. Tanpa ekspektasi karena laper jadi apa aja dah. Ni restoran juga sepi pengunjung cuma kita doang. 

TAPI ENAKKKKKKK

Itu ada sop meatball sama nasi sama terong balado pake daging ENAK BANGEEEET TOLONG. Ternyata ownernya tapi bukan asli Turki juga si..ciakakak.


Bus yang kita nanti-nanti jam 9 ini ternyata telat datengnya....karena macet lalala...jadi kita nunggu sejam lebih? tau gitu tadi nyantai lebih lama di Cesme ner bener u.

Terus gw nyoba nyalain layar di depan kursi. Untuk entertainmentnya displaynya tebak-tebakan banget pake nama file 001 lol. 


 

Comments

Popular posts from this blog

WAW ICELAND #3

The words that came back to me

hemmm