Istanbul yang ramai

Kita tuh nyampe di Istanbul jam 4 pagi? pagi banget jadi sempet tidur di kursi, digusur karena mau dibersihin, pindah kursi digusur lagi, sampe bosen digusur terus ðŸ˜” akhirnya sholat subuh lalu makan sup.

Setelah matahari mulai bersinar baru deh kita cabut dari stasiun ke airbnb cuma buat naro barang doang. Kita dapet taksi yang...cham.......hadeh.

Jadi dari stasiun ke airbnb itu ya mayan jauh, terus kata bapak-bapak di deket taksi situ bilangnya coba cek dulu mapnya. Kita udah liatin map, terus dia bilang 'oke kalo ke daerah sini memperhitungkan macet dan lain-lain kemungkinan bisa maksimal kena sampe 800 lira, gapapa gak?' 'ya gak masalah' terus yaudah kita dapet taksi deh (bapak-bapak lain)

Argonya nyala....kita nyampe tuh masih....400 lira kurang, tapiii begitu mendekati sampe tuh bapak taksinya langsung cepet-cepet nyalain mesin EDCnya cepet-cepet nulis 800, gak....nyesuain...sama argonya. Males berdebat ama bapak-bapak gak jelas, jadi yaudahlah...cukup tau aja. Jadi kangen bapak taksi di Izmir....

Langsung menyusuri perpasaran di Istanbul. Mulai dari grand bazaar, egyptian bazaar, semua ditelusuri. Di sekitar airbnb kita berisik juga banyak toko sepatu. Sepatu di sini kayak gak berharga, dibungkus plastik dilempar-lempar kena hujan lol.

Oh dan yang amat noticeable itu di sini banyak banget barang KW kayaknya terang-terangan dijual di pinggir jalan, bukan plesetan atau mirip-miripan aja, tapi beneran KW pake merknya gitu. Terus ada satu merk yang gw liat adaaaaa muluuuu di mana-mana, dijual di pinggir jalan, dipake orang, banyak banget dah karena logonya juga gede tulisan MONCLER. Sampe googling saking penasarannya kok menjamur banget di brand di sini

Kalo pasar yang di dalem itu kurang lebih sama semua, jualnya souvenir, teh-teh, turkish delight, cokelat, gitu-gitu. Capek disuruh nyoba turkish delight mulu sama salesnya...😮‍💨

Terus kita sholat zuhur dulu di Yeni camii (kayaknya)

Makan siang pengen banget ayam goreng...untungnya ada...Pepitos. Ini udah nice sih walau bisa dikembangkan lagi ya..seperti bisa dicoba untuk bikin bumbunya lebih menyerap ke daging..lalu sausnya juga! walau udah mending di sini ada mayones, saos tomat, mustard. Tapi menurut gw mayones dan mustard di Turki lebih......asem (padahal brand internasional, keknya udah kena sugesti asam aja gw)

Setelah bisa check-in kita langsung ke airbnb dan tidur dengan nyaman...malemnya keluar untuk nyari makan malam tapi!!!!!!!! sepertinya kita terjebak di daerah touristy, mahal sekali makanannya padahal porsinya biasa aja, kalo di tempat lain gak bakal segini harganya per porsi itu.

Seperti sudah diduga ya ayamnya juga seperti itu....ham.....bar. Kangen pepitos tadi siang. Emang harusnya kalo udah nemu makanan yang lumayan udaaah disitu aja terusss makannyaaaa.

Hari kedua masih hujan rintik-rintik

Selama di Istanbul ini sebenernya gak yang spesifik banget kemana kemana karena di area utamanya ya semua tempatnya deket-deket aja...Jadi kayak lupa juga di hari itu kemana aja. Ini tipikal jalan-jalan di ibu kota sih, pasti karena banyak yang didatengin deket-deket ya jadi nyaur aja semua..

Tadinya gw mau makan siang pepitos lagi (udah yang pasti-pasti aja) tapi pada tidak terlalu yakin dengan sugesti ini. UNTUNGNYA ada toko burger!!!. Burger gak bakal gagal laaahhh pasti ada standarnya burger tuh gimana, jadi bisa lah dicoba.

Alhamdulillah, rasanya burger standar, enak cukup bisa dinikmati dengan lega tanpa mengeluh :''''

Kita sempet nyobain naik kereta miring buat ke area Galata tower. Jadi yaudah intinya ini kereta lurus aja buat naik ke atas daripada jalan cape.

Siangnya tuh hujaaaan terus, jadi kita ya mesti berhenti-berhenti berteduh...

Sorenya ke Blue Mosque dan sholat ashar di Hagia Sophia.

Lalu jalan sore di taman belakangnya Topkapi.

Selama di Istanbul ini kita kemana-mana gak pake taksi doang lagi kayak di kota-kota sebelumnya (karena berempat juga jadi gampangan naik taksi dan jadi murah), tapi naik tram juga...tapi ya......wow...penuh banget woooyyyy kayak desak-desakannya tuh terdesak banget huwe...sebagai warga yang sebagaimana mungkin berusaha menghindari berdesak-desakan, pas kena desak-desakan di tram Istanbul tuh....haaa...cuma kepikiran pengen jadi orang kaya (YHA) biar gak kepikiran mesti ngabisin saldo yang udah diisi di Istanbul card jadi naik kendaraan umum sini.

Anyway dari taman ini kita memutuskan naik taksi karena capek. Tapi chaaaaaam dapet taksinya yang tidak ramah bintang satu. Padahal selama ini di kota lain selalu merasa mantap naik taksi di Turki.

Hari ketiga....besok ramadan

Kita keluar siang-siang, liat-liat toko kaligrafi dulu karena fadilah yang gandrung. Tapi seru banget lengkap semuanya terus banyak kertas unik-unik juga ornamennya untuk dibuatin kaligrafi.

Terus kita sholat di masjid Suleymaniye. Dari kemarin-kemarin liat masjid-masjid di Istanbul pada mirip-mirip sih ornamen di dalamnya, kayaknya yang paling beda ya si Suleymaniye ini (sama Hagia Sophia lah ya pasti beda). Jadi seru juga mengamati ornamen di dalamnya.

Kamar mandinya juga nyamaan, tempat wudhunya nyamaaan, 10.000 points untuk masjid Suleymaniye.

Laluuuu..

Pemandangan di tamannya jugaaa baguuuuus bisa melihat Istanbul dari atas...cakep. +5000 points

Kita makan di Simit Sarayi, karena berharap bisa beli Choco simit, simit yang isi cokelat.  Kemarin tuh Fadilah beli choco simit ini dan enakkkk haaa... tapi ternyata di toko yang ini gak ada...huuuu sad.

Jadi kita makan siang aja pasta dan manti (yang pastinya asam)

Terus kita mau naik kapal nih dari Eminonu kita cari rute yang paling murah buat nyobain naik kapalnya aja. Kalo gak salah sih kita ke Uskudar yaa. Sebelum naik kapal makan lagi karena masih laper, beli sandwich ikan, ini kemarin direkomendasiin sodara tapi setelah watashi coba yaudah......roti dan ikan...ikannya yaudah....cuma pake lemon....yaudah...tapi masih tergolong bolehlah. Tapi bukan sesuatu yang harus dicobain banget! ya sebagai solusi dari lapar aja.

Di area pelabuhan ini WOWWWW BANYAK BANGET MANUSIA. Sampe mual dan pusing, harus mengonsumsi tolak angin, teman setia di perjalanan. Beneran banyak banget. Kemarin-kemarin di kota kecil terus jadi masuk Istanbul kayak obobobobobob.

Udah gitu ya di Turki ini.....banyak banget orang merokok. Semua orang kali. Kakek, nenek, bapak-bapak, ibu-ibu, abang-abang, mbak-mbak, sampai anak baru beranjak remaja pun banyak yang gw temuin merokok. Terus ngerokoknya bukan yang cuma nongkrong di pinggir-pinggir gitu (yang somehow masih bisa kita coba hindari aja), tapi sambil jalan-jalan juga.

Jadi kayak di tempat rame gini kita bisa aja papasan sama orang yang lagi ngerokok, pegang rokok, dan kita bisa kena juga......asepnya dimana-mana....dan banyak yang gitu. Ini yang.....membuat saya tidak tahan. Aku butuh udara segaaar.

Ok.

Pas udah waktunya, kita naik kapal menikmati matahari terik yang menyinari. I love kapal. Memang nenek moyang gw pelaut sih...jadi mungkin karena itu I love kapal tanpa bisa mengelak

Lalu baliknya di waktu matahari terbenam....wow bagus bangettt..

Malemnya kita mau sholat tarawih di Hagia sophia tapiiiii antriannya masya Allah rame banget mengular. Dan karena kita belum makan malem, takut kelaperan pas sholat jadi beli jagung rebus makan cepet-cepet.

Saat itu si Hagia sophia belum dibuka jadi orang ngantri aja, dan kita belum sholat maghrib jadi mau sholat dulu kan dan wudhu, yaudah biar cepet kita ke Blue Mosque aja di seberangnya, yang memang sepi-sepi aja gak ada antrian. Jadi kita wudhu, sholat maghrib di dalem, lalu...udah mau deket isya.....sekalian di sini aja dahhh.

Yang enak sholat di Turki itu emang imamnya cepet bacaannya hehehehehe..awal-awal di Turki kaget kok cepet kayak gw sholatnya (YHA) ðŸ˜†

Bahkan duduk di antara dua sujudnya kayak kilat banget pas di Safranbolu dan Bursa. Kalo di Istanbul gak secepet itu tapi  masih terhitung cepat. Pas Isya bacaannya biasa-biasa aja masih yang dipanjang-panjangin gitu, tapi pas tarawih emang lebih cepet banget baca Al fatihahnya, terus untuk bacaan setelah itu cuma baca satu ayat hehehehehehehehehehehehe. Jadi kalopun 20 rokaat sebenernya nyaman saja, tapi kita takut kemaleman karena besok udah mau cabut ke Arab, jadi kita 8 rokaat aja hehehehe

Lumayan trip kali ini ke negara baru, ke beberapa kota juga, ke tempat yang yang gak ngerti bahasanya.....dan Turki luaaaaas bangeeeeet sementara gw baru datengin satu sisinya aja yang bagian tengah dan timur belum, kayaknya menarik untuk dijelajahi. Semoga banyak rezeki biar bisa eksplorasi..amiiin ðŸ¤²

Popular posts from this blog

WAW ICELAND #3

The words that came back to me