Istanbul yang ramai

Image
Kita tuh nyampe di Istanbul jam 4 pagi? pagi banget jadi sempet tidur di kursi, digusur karena mau dibersihin, pindah kursi digusur lagi, sampe bosen digusur terus 😔 akhirnya sholat subuh lalu makan sup. Setelah matahari mulai bersinar baru deh kita cabut dari stasiun ke airbnb cuma buat naro barang doang. Kita dapet taksi yang...cham.......hadeh. Jadi dari stasiun ke airbnb itu ya mayan jauh, terus kata bapak-bapak di deket taksi situ bilangnya coba cek dulu mapnya. Kita udah liatin map, terus dia bilang 'oke kalo ke daerah sini memperhitungkan macet dan lain-lain kemungkinan bisa maksimal kena sampe 800 lira, gapapa gak?' 'ya gak masalah' terus yaudah kita dapet taksi deh (bapak-bapak lain) Argonya nyala....kita nyampe tuh masih....400 lira kurang, tapiii begitu mendekati sampe tuh bapak taksinya langsung cepet-cepet nyalain mesin EDCnya cepet-cepet nulis 800, gak....nyesuain...sama argonya. Males berdebat ama bapak-bapak gak jelas, jadi yaudahlah...cukup tau aja. J

Hujan dan transportasi susah tapi mungkin karena ini makanannya jadi lezat banget

Pas planning trip ke Korea sebenernya bingung juga untuk bikin rute yang enak dan eksploratif. Kalo mau ke daerah di sisi barat nanti transportasinya jadi bolak balik dan menyebrang dan jauh, jadi gw putusin untuk fokus di sisi timur. Cuma kemana lagi kan? 

Nah dari kesempatan-kesempatan sebelumnya gw sama Arina pengen ke Gangneung kayak cuma day trip aja dari Seoul untuk ke bus stop dimana BTS itu foto cover albumnya. Terus pas cek ke Gangneung ternyata banyak juga yang bisa didatengin daerah pantainya. Jadi kita mutusin untuk stay 2 hari disitu muter-muter Gangneung dan sekitarnya. 

Yang paling susah di Gangneung ini sih transportasinya. Kayaknya warga lokal kalo kesini juga pada naik mobil sendiri gitu. Dari taksi aja kalo di daerah penginapan gw itu lumayan susah dan lama nunggu sampe ada, bus itu frekuensinya lebih jarang dan informasinya di aplikasi map juga gak terlalu akurat somehow. Jadi ini yang lumayan jadi halangan. 

Pas kita nyampe ke sana malem-malem itu juga hujan dan kita bingung buat nyari taksi gimana, kalo mau naik bus juga susah dengan bawa koper. Akhirnya ya emang mesti mangkal trus ready aja terus mantengin taksi yang lewat. 

Hari berikutnya kita mulai perjalanan di Gangneung dengan dateng ke tujuan utama yaitu bus stopnya BTS. Ini tuh kita mesti naik bus lanjut mini bus yang menelusuri area garis pantainya. Jadwal mini busnya ini yang cuma sejam sekali itu sangat mengkhawatirkan, dan gak bisa mastiin timetablenya lewat app, jadi ya kayak balik jalan-jalan di jaman dahulu. Si bus stop BTS ini adalah pemberhentian hampir terakhir gitu kalo gak salah. Jadi kita turun dan foto-foto di situ daan anginnya kencang banget! jadi lumayan susah payah berjuang diantara angin dingin berhembus. 

Terus kita mulai laper dan nyari spot untuk makan bekal. Tapi convenience storenya tutup (bener-bener kayak di desa yang sabtu minggu tutup gitu dah) terus sambil mikir juga gimana nih ke stop berikutnya, karena kita juga mau ke area pantai tempat syuting Goblin. Tapi pas lewatin tadi di bus tuh areanya kayak dirantai gitu, sepertinya sih karena cuaca lagi kurang oke? jadi kayak gak boleh kesitu. Jadi masih ragu mau ke situ apa gak, karena kalau jalan kaki kesitu anginnya terlalu kencang dan dingin. Kalau mau naik bus kesitu, untuk pulang kita mesti nunggu busnya lagi sejam.

Nah selagi kita mikir gitu, tampaklah si mini bus itu mau balik, jadi kita lari ngejer untuk bisa balik. Gak lama bus jalan dan pas di tengah perjalanan setelah melewati tepat syuting Goblin, kita sempet ragu-ragu jadi pengen turun, tapi karena mikir nanti harus nunggu lagi sejam, jadi kita gak turun deh ngeliat aja dari bus. Eh di stop berikutnya hujan turun. Oke emang keputusan yang tepat untuk gak turun tadi!

Jadi setelah mencapai area penginapan, kita mau makan dulu. Gw udah nandai tempat makan yang lumayan terkenal gitu, jualannya dubu jjampong (mie seafood pake tahu). Ternyata emang itu tempat tujuan semua masyarakat pengunjung, selama ini jarang banget liat turis lain, taunya di situ ramai banget pengunjung. Di tempatnya juga udah pakai sistem antrian yang solid. Pertama kita ambil dulu nomor antrian di deket pintu masuk. Setelah itu kita ke mesin menu di area tenda depannya untuk pesan menumnya. Menunya sederhana banget cuma si dubu jjampong sama dubu sesuatu yang putih aja gitu. Jadi gak susah untuk milih mau makan apa, hujan-hujan udah paling bener makan mie.

Nunggu antriannya ini.....lumayan lama sampe gak yakin, ini bener gak sih? semua pengunjung yang di situ sama bingungnya juga sih hahaha. Tapi akhirnya kita dapet juga giliran masuk. Nunggu beberapa saat juga setelah masuk sampai pesanan datang. Ini tapi enak banget sih, dipadu dengan kita udah laper, trus mie kuah, pedes-pedes sampe ingusan, rasanya nyaman banget abis tak bersisa.

Habis itu makan es krim tahu di sebelahnya...hehehe...

Setelah itu kita mikir mau kemana lagi, karena masih hujan, jadi gak mungkin kalo mau ke pantai. Jadi kita naik taksi ke Arte museum yang isinya itu immersive media art. Dari luar gedungnya berasa kayak lagi di Norway.

Isinya rame banget sih kayak semua orang mungkin ke situ karena hujan haha. Harga tiketnya lumayan pula, tapi bagus kok isinya.

Selanjutnya karena udah lumayan juga hujan reda, di dalem museum tuh kita sambil nyari-nyari abis ini mau kemana karena hari masih panjang. Akhirnya kita jalanin idenya Miela untuk naik rail bike di pantai Jeongdongjin. Karena udah males mikirin bus dan transportasi lainnya, di titik ini kita memperhitungkan kalau naik taksi bertiga itu lebih hemat waktu, tenaga dan pikiran. Jadi kita naik taksi ke pantai Jeongdongjin. Di situ pertama beli tiket untuk rail bikenya karena waktu untuk naiknya itu ditentukan per batch, jadi kita gak bisa seenaknya mau naik sekarang, mesti ngikutin waktunya. Jadi selagi nunggu waktu naik kita datang, kita main dulu ke pantainya... pantainya cakep ombaknya besar dan kayak serem gitu somehow tapi menenangkan juga. Anginnya lumayan dingin jadi setelah bengong di pantai beberapa saat, kita masuk ke stasiun untuk menghangatkan diri sebelum naik rail bike. 

Kalau diinget-inget sekarang jadinya terasa lebih berkesan karena gw abis banget nonton Interest of Love dan mereka ada scene di pantai dan stasiun ini. Hahaha. Jadi pas nonton gw kayak 'ih itu diaaa pantai dan stasiun yang gw datengiiin kyaaa'.

Waktu naik rail bikenya lumayan panjang, kayaknya 45 menit. Dan itu dia gak mesti kita genjot manual juga sih, ada motornya. Seru juga naiknya, trus ada spot dimana kita bakal di foto, ntar di sebuah stop akan dikasih fotonya kalo kita mau beli. Ini yang gw selalu mikir sih, untuk wahana-wahana gini yang udah ngeprint duluan baru nawarin ke orangnya mau beli atau gak, itu buang-buang kertas dan tinta banget. Kayaknya gak banyak juga orang yang mau beli fotonya dah. Apalagi kita dikasih dulu fotonya untuk dilihat dan bebas aja kalo mau difoto fotonya. Tentunya sebagai masyarakat hemat ya kita gak beli foto itu.

Setelah selesai, kita mikirin cara balik ke area penginapan. Hahaha...untungnya ada kereta ke situ dari Jeongdongjin ini. Jadi kita balik naik kereta deh ke stasiun area penginapan, lalu naik bus pulang...

Comments

Popular posts from this blog

WAW ICELAND #3

The words that came back to me

hemmm